Selasa, 31 Maret 2009

SEJARAH SMAN 1 KADUGEDE

SMA Negeri 1 Kadugede merupakan lembaga pendidikan tingkat menengah atas yang berada di bawah naungan departemen pendidikan nasional. Sekolah ini mulai berdiri pada tahun 1987 sebagai kelas jauh SMA Negeri 2 Kuningan, dengan jumlah rombongan belajar sebanyak 3 (tiga) kelas, yakni kelas satu enam, satu tujuh dan satu delapan melanjutkan dari murid kelas 1 (satu) di SMAN 2 Kuningan. Adapin ruangan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar menggunakan ruang kelas milik SMP Negeri 1 Kadugede, proses belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari, dengan tenaga guru pengajar guru-guru SMA Negeri 2 Kuningan dan guru-guru SMAN 2 untuk Kadugede.

Dengan semakin tingginya minat masyarakat Kadugede dan sekitarnya untuk menyekolahkan putra-putrinya, maka atas inisiatif para tokoh masyarakat Kecamatan Kadugede yang dimotori oleh H. Subana sebagai ketua BP-3, serta memperoleh dukungan penuh dari Camat Kadugede akhirnya berhasil diwujudkan pembangunan ruang belajar sebanyak 3 (tiga) local ditambah 1 (satu) local untuk ruang guru dibiayai secara swadaya, adapun tanah yang dipergunakan untuk mendirikan bangunan adalah tanah bengkok Desa Kadugede, dengan status tanah hak guna pakai.
Sejak tahun ajaran 1990-1991 ruang belajar sudah menggunakan fasilitas gedung milik sendiri yang berlokasi di belakang gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kadugede dan Sekolah Dasar Negeri 1 Kadugede.
Pada tanggal 09 bulan Maret tahun 1991 bertempat di Kabupaten Purwakarta Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. DR. Fuad Hasan secara simbolik menandatangani prasasti penegrian terhadap sejumlah SMA yang berada di wilayah Propinsi Jawa Barat. Maka sejak itu secara resmi SMA Negeri 1 Kadugede menjadi sekolah yang mandiri, karena pemerintah telah mengangkat kepala sekolah definitif Drs. Manan yang dialihtugaskan dari SMA Negeri Cipanas Kabupaten Cianjur.
SMA Negeri 1 Kadugede pernah dipimpin oleh beberapa Kepala Sekolah, yaitu :
1. Drs. Manan, periode 1991 – 1995
2. Drs. Tatang Iskandar periode 1995 – 1997
3. Zaenal Abidin BA., periode 1997 – 2000
4. Drs. S. Sumardjo, M.Pd., periode 2000 – 2005
5. Drs. H. Kasiyo, M.Pd., periode 2005 – 2007
6. Drs. Suhaendi, periode 2007 sampai sekarang

Template Design by SkinCorner